LATAR BELAKANG

Perparkiran merupakan organisasi yang memiliki karakteristik khas padat modal, padat keahlian dan padat tehnologi. Penanganan manajemen organisasi  perparkiran yang tidak profesional akan berdampak pada kualitas pelayanan dan citra di mata customer (pengunjung / penjemput penumpang). Salah satu indikator pelayanan berkualitas atau pelayanan prima adalah proses pelayanan yang lancar dan minimnya angka keluhan, baik dari pengguna internal seperti pelanggan, SDM lain maupun pengguna eksternal atau pengunjung/penjemput penumpan dan  pihak-pihak  memiliki kepentingan dengan perparkiran.

Pelayanan prima sebagai aspek yang mendukung terciptanya citra perparkiran yang baik membutuhkan dukungan dari seluruh komponen yang ada. Mulai dari pelaksanan pelayanan seperti kasir dan admin, attendant parkir sampai dengan sarana pendukung pelayanan.  

Sarana pendukung pelayanan tersebut adalah sistem komputerisasi yang membantu memenuhi kebutuhan akan informasi cepat dan akurat yang ada di perparkiran , sistem komputerisasi merupakan aset penting yang perlu diperhatikan keberadaannya yang lebih baik dalam organisasi manapun terutama organisasi yang bersifat memberikan pelayanan seperti perparkiran  Karena system komputerisasi akan membantu penggunanya dalam mengemas informasi yang ada sehingga bisa menciptakan proses pelayanan yang singkat, efisien dan efektif. Disamping itu, pengambilan keputusan-keputusan penting terkait dengan organisasi akan sangat terbantu dengan adanya sistem komputerisasi.

Sayangnya sistem komputerisasi perparkiran di  yang sekarang ini belum memahami arti penting keberadaan sistem komputerisasi bagi proses pelayanan kepada customer maupun pelanggan. Padahal banyak benefit yang bisa diambil dari penerapan sistem ini selain tentu saja pembentukan citra positif perparkiran  sebagai perparkiran yang maju dan berteknologi.